Contoh Soal dan Jawaban UTBK TPS 2019/2020 - Pemahaman Bacaan dan Menulis

Tes UTBK terdiri atas 2 bagian yaitu [1] Tes Potensi Skolastik [TPS] dan [2] Tes Kemampuan Akademik [TKA]. Namun pada tahun 2020 hanya diujikan untuk yang Tes Potensi Skolastik [TPS] saja.

[1] Tes Potensi Skolastik [TPS]

TPS mengukur kemampuan berpikir yang diperlukan untuk keberhasilan proses pendidikan di sekolah formal, khususnya di perguruan tinggi. Materi TPS adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif [termasuk matematika], pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sebagai gambaran berikut masing-masing komponen ini dirinci pada Tabel 1 di bawah untuk tahun 2019.


Tabel 1 Komposisi Materi TPS
   
   

No          

Komponen      

Jumlah soal        

Alokasi Waktu [menit]       

1            

Penalaran           umum 

2 bacaan dikuti 14 soal, dan 6 soal penalaran kuantitatif       

35          

2            

Pemahaman bacaan dan menulis                

3             bacaan diikuti  20                soal       

25          

3            

Pengetahuan dan pemahaman umum

3 bacaan Indonesia dengan 12 soal, dan 2 bacaan Bahasa Inggris dengan 8 soal.      

25          

4            

Pengetahuan                kuantitatif         

20 soal pengetahuan kuantitatif         

35          

Catatan:
Anda hanya dapat mengerjakan soal-soal dalam tiap komponen tes dalam rentang waktu yang telah dialokasikan.

Berikut ini diberikan beberapa contoh soal untuk memberikan gambaran berbagai tipe soal yang diujikan pada TPS agar semua calon peserta UTBK mendapatkan informasi yang sama tentang materi UTBK. Soal-soal yang digunakan sebagai contoh ini bukan soal sebenarnya dan bukan berasal dari kisi-kisi soal UTBK 2020.


Sudah mendaftarkan diri untuk UTBK SBMPTN LTMPT? Segera persiapkan diri untuk mengikuti ujian UTBK. Maksimalkan dalam belajar dan terus bersungguh-sungguh dalam mencapai tujuan tersebut. 

Berikut ini adalah Contoh Soal dan Pembahasan UTBK TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis  2019/2020 beserta kunci jawabannya. 
 

Contoh Soal TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis

Bacalah tulisan berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

[...]

1Penelitian terbaru menyatakan bahwa larva nyamuk yang menelan mikroplastik dapat menyebarkan mikroplastik ke rantai makanan manusia. 2Diketahui mikroplastik, potongan kecil plastik yang terpecah dari produk buatan manusia, seperti pakaian sintetis, ban mobil, dan lensa kontak, memenuhi lautan dunia saat ini. 3Karena sulit dideteksi, mikroplastik dapat menimbulkan masalah serius bagi hewan laut.               

4Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Reading menemukan bukti yang menunjukan bagaimana mikroplastik dapat memasuki ekosistem manusia melalui nyamuk dan serangga terbang lainnya.  5Tim peneliti tersebut mengamati larva nyamuk yang menelan microbeads–jenis mikroplastik yang biasa ditemukan pada produk kosmetik—sebelum mengamati siklus kehidupannya.  6Mereka menemukan fakta bahwa banyak sekali partikel plastik yang [...] ke tubuh nyamuk dewasa.


Soal No. 1 
Judul yang paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah ….
A. Serangga Pemakan Mikroplastik
B. Bahaya Mikroplastik bagi Tubuh Manusia
C. Penyebaran Mikroplastik oleh Serangga
D. Mikroplastik, Serangga, Makhluk Hidup 
E. Cara Baru Penyebaran Mikroplastik
Jawaban: C


Soal No. 2 
Kata berimbuhan yang salah digunakan pada paragraf 2 adalah ….
A. menemukan
B. menunjukan
C. memasuki
D. menelan 
E. mengamati
Jawaban: B


Soal No. 3 
Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 6 adalah ….
A. tergantikan
B. tertransfer
C. berpindah
D. teralihkan 
E. berubah
Jawaban: C


Tulisan berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI [A] atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia [B, C, D, atau E].

Setiap suku memiliki ritual tersendiri, mulai dari ritual yang biasa hingga 4ekstrem, untuk menunjukkan rasa duka akibat kehilangan anggota keluarganya. Bagi suku Dani yang bermukim di 5papua, kebersamaan sangat penting. Oleh karena itu, saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Tradisi itu dikenal sebagai Iki Palek.

Soal No. 4 
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI 
B. aneh 
C. lazim 
D. ganjil
E. luar biasa 
Jawaban: A


Soal No. 5 
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Papua
C. Papua
D. “Papua” 
E. “Papua”
Jawaban: B