Soal ASPD Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Paket 2 dan Kunci Jawabannya

Mulai tahun 2020 2021 sudah tidak ada lagi Ujian Nasional [UN] dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional [USBN] namun setiap daerah bisa menyelenggarakan ujian akhir seperti Ujian Sekolah Daerah [USDA], Ujian Akhir Sekolah [UASDA], Asesmen Standar Pendidikan Daerah [ASPD], dll.

USDA merupakan Ujian Akhir Sekolah yang dilaksanakan secara regional untuk siswa kelas 6 SD/MI dan kelas 9 SMP/MTs. Sedangkan untuk ASPD, hasilnya digunakan sebagai seleksi penerimaan sekolah lanjutan yakni ke SMP/MTs atau ke SMA/MA/SMK. Untuk mata pelajaran yang diujikan pada ASPD ini adalah materi mata pelajaran yang di UN-kan tahun sebelumnya. 

Mata ujian USBN tahun sebelumnya untuk SD/MI adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Sedangkan mata ujian untuk UN/UNBK SMP/MTs adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA.

Selain itu mulai tahun 2021 karena UN dan USBN sudah tidak dilaksanakan lagi, maka sebagai gantinya akan dilaksanakan Asesmen Nasional [AN]. Asesmen Nasional dibagi menjadi tiga yaitu Asesmen Kompetensi Minimum [AKM], Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Berikut ini Fastest-Math berikan latihan soal ASPD mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bisa digunakan sebagai bahan belajar dalam menghadapi ASPD yang akan datang. Soal ASPD Bahasa Indonesia Kelas 9 IX SMP MTs 2021 ini dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Soal Latihan ASPD Paket 1 2021 Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 9 IX Kurikulum 2013 darurat bersumber dari naskah asli Latihan Tes Persiapan Pendalaman ASPD [TPP ASPD 1] SMP/MTs yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. 

Berikut ini adalah soal yang dilengkapi dengan Kunci Jawaban serta pembahasan soal latihan/ uji coba ASPD Bahasa Indonesia SMP MTS Paket 1 tahun 2021 dari Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Semoga dengan adanya pembahasan soal ASPD ini dapat bermanfaat bagi peserta didik yang akan menghadapi ujian ASPD.


NASKAH SOAL ASPD BAHASA INDONESIA SMP PAKET 2

 1. Perhatikan kutipan teks berikut!  
Aglaonema merupakan tanaman yang kuat dan dapat tumbuh pada setiap sudut ruangan. Tanaman tersebut dapat bertahan terhadap intensitas cahaya matahari yang rendah, sirkulasi udara yang kurang begitu baik, pengaruh AC, dan tanpa perawatan yang intensif. Hal ini sangat menguntungkan bagi para penggemar tanaman hias yang tidak mempunyai banyak waktu untuk merawat tanaman yang dimilikinya.

Makna kata  sirkulasi  dalam teks  tersebut  adalah …. 
A. peredaran   
B. pergeseran  
C. pergerakan   
D. perambatan
Jawaban: A


 
2. Bacalah kutipan teks berikut! 
[1] Olahraga jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling ringan karena tidak membuang banyak energi dan tidak memerlukan alat-alat khusus. [2] Itulah sebabnya, olahraga jalan kaki direkomendasikan bagi orang yang malas melakukan olahraga yang berat. [3] Selain ringan dan mudah, manfaat yang terkandung dalam olahraga jalan kaki juga sangat baik untuk kesehatan. [4] Dengan berjalan kaki, detak jantung kita akan lebih stabil sehingga jantung pun akan semakin kuat dan sirkulasi darah juga akan lancar.

Makna kalimat bernomor [4] dalam teks  tersebut adalah … 
A. Olahraga berjalan kaki  menjamin stabilnya detak jantung.  
B. Jantung  pasti  semakin kuat apabila kita rajin berolahraga.  
C. Olahraga berjalan kaki dapat menjaga kesehatan jantung. 
D. Orang yang malas jalan kaki mengalami gangguan jantung
Jawaban: C



3. Bacalah kutipan teks berikut!
[1] Negara Indonesia termasuk negara di dunia dengan jumlah penduduk yang paling banyak. [2] Dengan jumlah penduduk tersebut, seharusnya Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi pula, tetapi sampai saat ini Negara Indonesia masih mengalami keterpurukan. [3] Tingginya permasalahan kemiskinan merupakan salah satu penyebabnya. [4] Permasalahan kemiskinan terjadi karena pengangguran yang disebabkan sumber daya manusia yang masih rendah dan kurang berkualitas.
 
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan terdapat pada kalimat bernomor …. 
A. [1]
B. [2]
C. [3]
D. [4]
Jawaban: B
 
 
 4. Bacalah kutipan teks cerita berikut! 
[1] Peradaban kuno, seperti Cina, Babilonia, dan Mesir berperan penting pada awal mula astronomi. [2] Orang-orang pada peradaban itulah yang menjadi orang pertama yang mengamati langit dan melacak gerakan planet. [3] Mereka juga memperkirakan peristiwa gerhana dan mengembangkan kalender. [4] Meskipun demikian, mereka tidak mengetahui bahwa benda-benda yang mereka lihat di langit itu dikendalikan gravitasi.
 
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor…. 
A. [1]
B. [2]
C. [3]
D. [4]
Jawaban: A

 
 
5. Bacalah paragraf berikut!
Pendidikan dan pembinaan generasi muda sangatlah penting karena di tangan generasi muda kelangsungan negara ini dipertaruhkan. Karena peranan penting pemuda, presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, berani mengatakan sesuatu yang masih dikenang dunia hingga saat ini. “Berikan kepadaku 1.000 orang tua, aku sanggup mencabut Semeru dari uratnya. Tapi, berikan aku 10 pemuda maka aku sanggup mengguncangkan dunia.” Ungkapan tersebut bermakna sangat dalam bagi tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena pemuda adalah sosok individu yang kuat, gesit, tahan uji, dan memiliki semangat menggelora. Di tangan pemuda yang tangguh negara pun akan kuat.

Ide pokok paragraf tersebut yang tepat adalah …. 
A. ungkapan tentang peranan pemuda menurut Ir. Soekarna 
B. pentingnya pendidikan dan pembinaan generasi muda 
C. kelangsungan hidup suatu negara tergantung pemuda 
D. di tangan pemuda yang tangguh negara pun akan kuat
Jawaban: B
 


6. Bacalah kutipan teks berikut!  
Pikiran manusia mempunyai kesanggupan menyimpan informasi yang tidak terbatas jumlahnya. Dalam hal penyimpanan yang tidak terbatas ini penting sekali pengaturan dan penempatan informasi sehingga dapat digunakan kembali apabila diperlukan. Pengingatan kembali informasi yang telah diperoleh tersebut cenderung terjadi apabila digunakan dalam situasi yang serupa.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah … 
A. Kesanggupan pikiran manusia menyimpan informasi. 
B. Manusia hanya dapat mengingat hal-hal yang sama. 
C. Pikiran manusia mempunyai berbagai keterbatasan. 
D. Penyimpanan informasi perlu dikelola dengan baik.
Jawaban: D
 
 
 
7. Bacalah paragraf berikut!  
[1] UU Cipta Kerja merupakan bagian dari Omnibus Law yang menimbulkan kontroversi sejak awal pembahasan. [2] Kalangan dunia usaha menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pemerintah dan DPR yang telah menyepakati pengesahan RUU Cipta Kerja menjadi UU. [3] Berbagai pihak menilai bahwa Omnibus Law RUU Cipta Kerja memiliki kecacatan, baik secara formal maupun material. [4] Ada yang berpendapat bahwa proses pembentukan RUU Cipta Kerja ini berlangsung sangat cepat, tertutup, dan minim partisipasi publik. [5] RUU Cipta Kerja dinilai bermasalah baik secara proses, metode, maupun substansinya karena mengarah pada sentralisasi.

Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat …. 
A. [2]
B. [3]
C. [4]
D. [5]
Jawaban: A
 
 
 
8. Perhatikan teks berikut!  
    Kemajuan dalam teknologi tidak selalu selaras dengan kesehatan mata. Penggunaan komputer sebagai media informasi dalam pekerjaan yang berkepanjangan dapat menimbulkan suatu keadaan yang disebut dengan Computer Vision Syndrom [CVS]. Pada masa pandemi Covid-19, CVS menjadi masalah umum bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran.
    Gejala pada mata yang mengalami CVS, antara lain mata lelah, mata kering, iritasi, sensasi panas, kemerahan, pandangan kabur, dan penglihatan ganda. Gejala ini umumnya bersifat temporer dan dapat hilang usai penggunaan komputer. Gejala ini dapat menetap pada sebagian orang, bahkan setelah penggunaan komputer berakhir.

Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah … 
 
A. Berbagai gejala pada mata dapat timbul akibat penggunaan komputer yang berkepanjangan atau berlebihan di masa pandemi covid-19. 
 
B. Kemajuan dalam teknologi tidak selalu selaras dengan kesehatan mata karena dapat menimbulkan CVS dengan berbagai gejala pada mata. 
 
C. Gejala-gejala CVS yang timbul pada mata dapat hilang atau menetap pada sebagian orang, bahkan setelah penggunaan komputer berakhir. 
 
D. Pada masa pandemi Covid-19, CVS menjadi masalah umum bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran yang menggunakan komputer.
Jawaban: B
 
 
 
9. Perhatikan kutipan teks berikut!  
Buku berjudul Jangan Panik! 20 Cerita Saat Situasi Darurat karya Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan berisikan dua puluh cerita pendek mengenai berbagai kegiatan dan kejadian bahaya yang sangat mungkin dialami oleh anak-anak. Pada akhir masingmasing cerita pendek, penulis buku menyisipkan tips-tips mengenai apa yang harus dilakukan jika menghadapi keadaan bahaya dan darurat yang sedang dibahas. Tips ini sangat membantu untuk merangkumkan pembelajaran yang ditawarkan di setiap cerita pendeknya dengan gaya bahasa yang praktis dan mudah dipahami. Hal yang dapat mengurangi keasyikan membaca adalah masih ditemuinya beberapa gambar dengan pixel yang kecil sehingga menimbulkan gambar dengan resolusi kecil yang dipaksa untuk diisikan ke halaman yang cukup besar, hasilnya adalah gambar kotakkotak yang tidak mulus.

Keunggulan yang ditunjukkan dalam kutipan teks ulasan tersebut yang tepat adalah… 
 
A. Berisi dua puluh cerpen berupa periswa yang dialami anak-anak. 
 
B. Terdapat hal-hal yang harus dilakukan saat bahaya dan darurat. 
 
C. Menggunakan gaya bahasa yang praktis dan mudah dipahami. 
 
D. Di buku itu ditemukan beberapa gambar dengan pixel yang kecil
Jawaban: C
 
 
 
10. Bacalah kalimat berikut! 
Teks 1 Teks 2
Aurora berupa cahaya menyala-nyala dan menari-nari di langit malam. Itu terjadi saat atmosfer bumi berinteraksi dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Ketika ada ledakan besar di permukaan matahari, miliaran partikel terlontar. Lontarannya berupa cahaya yang merambat begitu cepat, mencapai 800 kilometer per detik. Lalu, partikelpartikel dari pancaran itu menumpuk di ionosfer. Pertemuan medan magnet dengan partikel-partikel ionosfer yang menyimpan partikel dari matahari ini, menghasilkan cahaya berwarna, seperti hijau, biru, merah muda, dan ungu. Aurora dapat disaksikan di belahan bumi utara, seperti Norwegia, Finlandia, Skotlandia, Swedia, Islandia, dan Inggris bagian utara. Di negara-negara tersebut banyak tempat yang terkenal dan mengesankan untuk menyaksikan aurora. Di belahan bumi selatan, aurora dapat disaksikan di Pulau Stewart yang terdapat di ujung Selandia baru. Pulau yang berpenduduk sedikit ini minim polusi cahaya sehingga aurora tampak lebih jelas, indah, dan memukau. Aurora juga bisa dilihat di Kepulauan Falkland yang terletak sekitar 643 kilometer lepas pantai timur Argentina.

Perbedaan dua pola pengembangan kedua paragraf tersebut yang tepat adalah ....

Teks 1 Teks 2
A umum - khusus khusus - umum
B sebab - akibat akibat - sebab
C urutan waktu urutan peristiwa
D urutan proses urutan ruang
Jawaban: D
 
 
 
11. Bacalah teks berikut! 
Sampah kertas memang merupakan sumber daya yang belum dimanfaatkan secara optimal, padahal jumlah dan potensi cukup besar. Pemanfaatan sampah kertas, baik itu digunakan kembali maupun didaur ulang, mutlak dilakukan agar jumlah sampah dapat dikurangi dan sumber daya pohon-pohonan (bahan baku kertas) dapat diselamatkan. Untuk mengoptimalkan pemanfaatannya, diperlukan sistem pengelolaan yang baik yang melibatkan berbagai pihak, seperti masyarakat, pemilik berbagai industri, dan pemerintah.

Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ... 

A. Salah satu upaya guna ulang sampah kertas adalah penggunaan kembali kertas kardus sebagai bahan pengemas.   

B. Seharusnya pemanfaatan sampah kertas menjadi tanggung jawab bersama agar lingkungan terselamatkan. 

C. Kita perlu mengurangi pengunaan kertas untuk meminimalkan sampah dengan mengikuti tes secara online. 

D. Pendidik seharusnya menyampaikan materi kepada siswa tentang pemanfaatan sampah kertas secara efektif.

Jawaban: B
 
 
 
12. Bacalah kutipan fabel berikut! 
    “Jerapah, aku tidak pernah melihatmu tidur,” kata Kanguru.
    “Aku memang jarang tidur. Sudah dua minggu aku tidak tidur,” sahut Jerapah.
     Kanguru bingung. Ia sendiri selalu tidur setiap hari. “Apa kamu tidak mengantuk?” tanya Kanguru.
     “Sudah terbiasa, Kanguru. Badanku besar dan jalanku lamban sekali. Kalau ada hewan pemangsa datang, aku tidak bisa berlari cepat seperti hewan lain. Sebab itulah aku tidak mau tidur agar bisa lari sesegera mungkin,” kata Jerapah.
     Kanguru hanya manggut-manggut mengerti. Rupanya begitulah cara mereka melindungi diri, ucapnya dalam hati.

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan fabel tersebut adalah.... 

A. Jerapah melindungi diri dari hewan pemangsa dengan cara mengurangi tidur. 

B. Jerapah tidak pernah tidur karena berbadan besar dan berjalan sangat lambat. 

C. Semua hewan pemangsa senang terhadap binatang buruan yang sering tidur. 

D. Waktu tidur Jerapah lebih lama daripada Kangguru karena ia sering mengantuk. 

Jawaban: A
 
 
 
13. Bacalah kutipan cerpen berikut! 
    “Jangan menangis, Nak! Bagaimana kamu bisa tahu kalau menderita pagebluk, sementara itu hanya dugaanmu saja?”
    “Saya selalu bersin, Bu.”
    “Sejak kecil kamu kan memang biasa pilek, Nak!”
    “Ayo, kita periksa saja ke dokter! Jangan-jangan itu hanya kecemasanmu yang berlebihan karena pagebluk itu jadi omongan santer di tengah warga sehingga membuatmu merasa terpapar gejala penyakit itu, padahal cuma perasaanmu saja.”
     Nuril terdiam, air matanya terus berjatuhan. Ia memandang ibunya dari jarak yang baginya terbilang jauh. Ia ingin sekali memeluk ibunya. Tapi ia sadar, bahwa di saat seperti itu, cinta memang harus diekspresikan dengan cara yang tak biasanya, sesuai dengan keadaan.

Tokoh utama kutipan cerpen tersebut adalah .... 

A. ibu  

B. Nuril  

C. dokter 

D. warga. 

Jawaban: B

 
 
 
14. Bacalah kutipan cerita berikut! 
    “Kalian manipulasikan data hasil pratikumnya,” kata Bu Rini berbisik kepada mereka berdua.
    “Tapi, Bu,” sahut Agustine.
    “Kalian sudah berusaha,” kata Bu Rini meyakinkan.
    Setelah berkata mengenai manipulasi data, Bu Rini meninggalkan mereka. Membiarkan mereka berada dalam pikiran masing-masing.
    “Aku harus bagaimana?”
    “Oh, Tuhan berilah aku petunjuk-Mu.”
Apakah aku harus menulis apa adanya pada laporan karya ilmiahku atau aku harus berbohong, tetapi bagaimana jika juri tahu bahwa semua itu bohong.  
 

Latar suasana kutipan cerita tersebut adalah .... 

A. kepanikan 

B. keraguan 

C. kegalauan 

D. kekhawatiran 

Jawaban: C
 
 
 
15.  Bacalah kutipan cerita berikut! 
Rahmat yang malang harus mengganti semua kerugian akibat kebakaran dahsyat di pabrik kertas itu. Ia menggganti kerugian dengan menjual sawah, gubuk, tanah, dan menyerahkan uang tabungannya. Ia kembali ke desa dengan tangan kosong. Mukanya pucat pasi. Hatinya sangat pedih dan tak kuat menahan tangis. Air matanya mengalir. Tidak ada harapan lagi dalam benaknya, semuanya sia-sia. Ia duduk di pematang sawah yang bukan miliknya lagi dan menatap langit yang tidak berbintang. Embusan angin dan suara hewan malam menemani dirinya.

Kutipan cerita tersebut merupakan alur cerita bagian .... 

A. pengenalan 

B. permasalahan 

C. penyelesaian 

D. peleraian

Jawaban: C

Nomor selanjutnya masih dalam proses ๐Ÿ”„

Lihat soal yang lain: 

๐Ÿ‘‰Soal Latihan ASPD Bahasa Indonesia SMP Paket 1 dan Kunci Jawaban

 ๐Ÿ‘‰Soal Latihan ASPD Bahasa Indonesia SMP Paket 2 dan Kunci Jawaban

๐Ÿ‘‰Soal Latihan ASPD Matematika SMP Paket 1 Kunci Jawaban dan Pembahasan

๐Ÿ‘‰Soal Latihan ASPD Matematika SMP Paket 2 Kunci Jawaban dan Pembahasan

๐Ÿ‘‰Soal Tryout Online ASPD DIY Matematika SMP dan Pembahasan

๐Ÿ‘‰Soal dan Pembahasan Ujian Sekolah USEK USDA ASPD Matematika SMP Kelas 9 

1 comment for "Soal ASPD Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Paket 2 dan Kunci Jawabannya"

Post a Comment